Warga Kampung Saga Dapat Bantuan Dana Rp 1,5 M Lewat Program “Kotaku”

Oasepapua.id– Warga kampung Saga RT 04/ RW 01, Kelurahan Sawagumu, Distrik Sorong Utara, Kota Sorong, mendapat bantuan dana Rp 1, 5 miliar dari program Kota tanpa kumuh (Kotaku) Kota Sorong untuk pembenahan wilayah perkampungan tersebut.

Simbol bantuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat melalui Program Kotaku ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Asisten II sekda Kota sorong, Drs. Anton Sagrim. Bersama Balai Provinsi Papua Barat, Rabu (17/7)

peletakan batu pertama oleh Asisten II sekda Kota sorong, Drs. Anton Sagrim. Ft.Paschal./OP.

“Dananya kita berikan. Dan mewakili Pemerintah Deerah Kota Sorong, kita minta agar dapat di kelolah dengan baik, agar kawasan kumuh yang terlihat bisa bersih dan dapat menunjang visi-misi Wali Kota Sorong sebagai Kota termaju di tanah Papua,” jelasnya.

Sementara itu Koordinator Kotaku, Kota Sorong, Halmia Ba’adilah kepada awak media mengatakan Kawasan ini dengan luasnya 1,3 hektar dengan jumlah penduduknya 38 kk yang didominasi oleh Orang Asli Papua (OAP). Dengan kucuran dana sebasar Rp 1,5 miliar yang nantinya akan dibangun dari jalan beton, talut, MCK, sumur bor dan juga taman. Pembangunan ini akan diselesaikan tahun ini juga.

Menurutnya bantuan pembanguanan ini, bertujuan untuk mengurangi kekumuhan serta banjir, Pasalnya kawasan tersebut sering dilanda banjir.

” Pekerjaan dipemukiaman tersebut akan menjadi tamggung jawab masyarakat dengan pembiayaan melalui rekening warga sesuai dokumen perencanaan yang dibuat satu tahun sebelumnya” Tandasnya

Sementara itu, untuk air minum, Lanjutnya, Kotaku akan bekerja sama dengan perusahan air minum Daerah (PDAM) dan gunakan air sumur yang sudah diuji labnya.

” Untuk Program ini disambut baik dari masyarakat, karena mampu memanimalisir banjir yang selama ini kerap terjadi.” Tuntasnya.(PBE)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.