Waow, Operasi KEK Sorong Diprediksi Akan Hasilkan Investasi 32,5 Triliun

Oasepapua.id– Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mangatakan perkiraan besaran investasi yang akan dihasilkan dari beroperasinya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sorong kurang lebih sebesar Rp 32,5 triliun.

Dominggus menjelas bahwa dari luas KEK yang diresmikan 523,7 hektar dengan focus kegiatan utama untuk industri pengolahan nikel, kelapa sawit, industri hasil hutan dan perkebunan, serta pusat logistik.

“Perkiraan besaran investasi yang akan dihasilkan dari beroperasinya KEK sebesar Rp 33,5 triliun, dan mampu menyerap tenaga kerja 15,024 orang, serta dalam perkembangan ke depan mampu menyerap tenaga kerja lebih banyak bagi orang Asli Papua Barat,'” jelas Gubernur dalam sambutan peresmian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sorong oleh Menko Perekonomian, Darmin Nasution di Pelabuhan Arar, Kabupaten Sorong, Jumat, (11/10/2019).

Menurut 01 Papua Barat, KEK ditetapkan sejak tahun 2016 melalui Peraturan Pemerintah RI, Nomor 31 tahun 2016, yang hari ini diresmikan untuk segera dioperasionalkan. Berkaitan dengan Penetapan KEK Sorong, sejalan dengan prioritas pembangunan, tertuang dalam RPJMD Provinsi Papua Barat, baik RPJMD Tahun 2012-2016 maupun RPJMD Tahun 2017-2022, yakni meningkatkan perekonomian daerah yang didukung oleh pemanfaatan sumber daya lokal lintas sektor.

Lanjut Dominggus,sSaat ini telah terdapat 6 pelaku usaha eksisting di kawasan KEK Sorong, yaitu PT Megapura Prima Industry, PT Hendrison Inti Persada, PT Semen Bosowa, PT Bumi Sarana Utama, PT Semen Gresik serta PT INTI Kebun Makmur.

Perusahan tersebut masing-masing bergerak dalam industri pengolahan sawit, hasil hutan dan perkebunan serta packing plan semen.

Dominggus berharap dengan beropersinya KEK mampu mempercepat pembangunan, serta mengurangi kesenjangan antar wilayah.

“Kedepan masih diharapkan banyak peran pemerintah dalam upaya menyiapkan infrastruktur kawasan terutama untuk infrastruktur yang tidak dapat ditangani oleh pengelola X dan para pelaku usaha karena keterbatasan,”.Tuntas Dominggus. (PBE)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.