Walkot Sorong Imbau Masyarakat Dapat  Menjaga Keamanan Di Lingkungan Masing-Masing

Oasepapua.id Wali Kota (Walkot) Sorong Lambert Jitmau menghimbau masyatakat dapat manjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing.

” Yang bisa menjaga keamanan dan ketertiban Kota ini serta menepis segala isu adalah dari lingkungan kita sendiri, lingkungan kita aman maka Kota Sorong aman dan damai,” Ungkap Wali Kota  saat tatap muka bersama Forkopimda, tokoh agama,Tokoh adat dan kepala suku lintas papua, agenda antisapasi dalam menepis isu jelang 1 Desember (Besok) (HUT OPM) di Lobi Kantor Wali Kota Sorong, Sabtu (30/11/2019).

Tatap Muka Forkompimda, Tokoh Agama dan Para Kepala Suku Lintas Papua. Lobi Kantor Wali Kota Sorong. (30/11). Ft.Paschal Bani

Lambert mengatakan, Kota Sorong ini menjadi milik kita bersama tidak ada satu kelompokpun yang punya Kota ini.  Yang datang di Kota Ini baik dari Sabang sampai Merauke tentunya merasa ikut memiliki dan juga rasa bertanggung jawab untuk mengurus Kota ini di segala bidang pembangunan termasuk dalam bidang keamanan.

Lambert menegaskan bahwa, untuk menjaga kedamaian serta keamanan di Kota ini, bukan semata-mata sebagai tanggung jawab TNI- Polri, tapi dia menjadi tanggung jawab kita semua,

” Menjaga keamanan di kota ini adalah kita bersama, aman dari rumah, aman dari halaman, aman dari lingkungan dan terus melebar ke tempat-tempat luas yang mana sangat penting sangat dominan dalam menentukan ketenangan suatu daerah.” 

Selaku Walikota, Dirinya mengajak untuk letakkan tanggung jawab bersama menjaga lingkungan kita masing-masing. Untuk isu 1  Desember ini bukan hal baru namun kitapun harus mengantisipasinya.

” Saya harap para tokoh agama dan kepala suku lintas Papua sebagai sentral untuk mengurus umat ataupun masyarakat mudah-mudahan kembali ke setiap lingkungan dan berikan himbauan yang kita terprovokasi jangan kita termakan isu isu yang tidak menguntungkan kita dan bila ada harus ditepis dan harus dihindari.” Imbuhnya.

Kemudian, Lanjutnya, pihak keamananpun terus melakukan patroli. ” Bila perlu sampai di sudut-sudut kota, apabila melihat duduk kumpul ataupun apa-apa dari pihak kepolisian punya kewenangan untuk membubarkan hal-hal yang yang dianggap mencurigakan, jangan kita biarkan terjadi sesuatu pun kita turun gak boleh mencegah Mencegah lebih awal lebih bagus daripada kita sibuk untuk mengurus yang sudah terjadi.” Tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Sorong Kota Mario Christy Pancasakti Siregar mengungkapkan  bahwa situasi Kota Sorong hingga kini kondusif. Menurutnya Untuk patroli sendiri pihaknya terus melakukannya, baik siang maupun malam hari, tetapi intensitasnya tidak bisa terlalu rapat.

Oleh karena itu, Dirinya memohon bantuan dari para tokoh agama, tokoh adat,  tokoh pemuda dan  siapapun yang ditokohkan di wilayah ini  bisa menyamakan visi bahwa keamanan itu tugas bersama untuk menjalankan peran dilingkungan masing.

” Untuk itu kami dari pihak keamanan TNI -Polri mengajak masyarakat untuk tidak berprovokasi, dan dapat menepis isu-isu dari orang yang tidak berymtamggung jawab.” Tuntasnya.(PBE)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.