Wabup Sorong:   Berbahasa Negara Diruang Public Harus Sesuai Ketentuan Hukum

Oasepapua.id- Wakil Bupati Kabupaten Sorong Suka Harjono meminta kepada seluruh ASN dilingkungan pemerintahannya, dalam penggunaan bahasa negara yaitu bahasa Indonesia di ruang public harus sesuai dengan ketentuan hukum dan keindahan kebahasaan.

Hal ini diungkapkan Wabup pada acara Penyuluhan Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Media luar ruang di Kabupaten Sorong, di Aula Hotel Aquarius Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat Jumad (4/10/2019). 

Suka dalam sambutannya menjelaskan bahwa Penggunaan bahasa diruang public merupakan cermin sikap atas kopetensi penggunanya.

” Oleh karena itu, diperlukan sikap positif, yaitu sikap tertib berbahasa ,agar penggunaan bahasa di ruang public sesuai dengan ketentuan hokum dan keindahan kebahasaan,” ucapnya.

Memurutnya, untuk itu pemerintah pusat dan pemerintah daerah perlu menciptakan ketertiban berbahasa dengan mengendalikan bahasa asing.

Hal ini, Kata Dia, guna menguatkan bahasa Negara di ruang public.Pelemahan bahasa Negara cederung terjadi seiring dengan penguatan bahasa asing terutama bahasa inggris yang di sebabkan oleh kenyataan arus informasi dan komunikasi global.

” Jika di bandingkan dengan bahasa asing , tulisan bahasa Indonesia pun kurang taat asas, cenderung lebih kecil dan cenderung tidak mencolok di lokasi-lokasi yang strategis. Akibatnya ketertiban umum dalam bebahasa terganggu, terancam,atau terhambat pembinaanya,”Tandasnya.

Dengan demikian sebagai bentuk tindak lanjut peraturan pemerintah no. 57 tahun 2014 tentang pengembangan, pembinaan,dan perlindunganbasa dan sastra serta peningkatan fungsi bahasa Indonesia maka Balai Bahasa Papua Badan pengembangan bahasa dan pembukaan  kementrian pendidikan dan kebudayaan berkerjasama dengan pemerintah kabupaten Sorong melaksanakan kegiatan penyuluhan penggunaan bahasa.

Berharapan bahwa peserta penyuluhan dapat menerapkan ilmu yang didapatkan dengan bersama-sama memartabatkan bahasa Negara kita, bahasa Indonesia.

Kehiatan ini dibuka dengan pesan UTAMAKAN BAHASA INDONESIA , LESTARIKAN BAHASA DAERAH,KUASAI BAHASA ASING. 

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala balai bahasa papua Suhariyanto, Kepala Bagian Kesra Mustika baeduri. (Humkabsor.//pBe)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.