Upaya Tingkatkan PAD, KPK Usul Pemda Gunakan Alat Perekam Untuk Transaksi Pajak

Oasepapua.id Guna meningkatkan pendapatan Daerah , Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendorong setiap Pemerintahan daerah harus menggunakan alat perekam transaksi online  di empat  mata pajak diantaranya Pajak Hotel, Restoran, Tempat Hiburan dan Parkir.

Hal ini diungkapkan Kepala Koordinator Sub 8 KPK Wilayah Papua, Papua Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Utara Adlianysah Nasution pada Rapat Evaluasi dan Monitoring Pendapatan Deerah bersama pemerintahan Provinsi Papua Barat yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Kabupaten Sorong (Kabsor), Senin (18/11).

Dijelaskannya dengan penggunaan Alat Perekam online penerepan Pajak akan terbukti meningkatknya pendapatan Asli daerah dari Sektor pajak, sehingga hasilnya akan dirasakan masyarakat setempat.

Adlianysah juga mencontohkan seperti yang dipresentasikan oleh Kabupaten Manokwari dimana Manokwari mendapatkan hasil yang meningkat dari pendapatan sebelum menggunakan alat bantu online yang disupalai Oleh Bank Papua ini.

” Jadi untuk meningkatkan pendapatan daerah (PAD)  pada ke empat mata Pajak ini harus dilakukan dengan menggunakan alat bantu Onlne yang realtime sehingga dapat dipantau penerimaan Negara dan juga menghindari indikasi terjadinya tindak korupsi, karena data tercatat secara elektronik.” Ungkapnya seperti dikutip Laman Resmi Kabsor

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sorong,  Ir. Mohammad Said Noer, M.Si menyampaikan apresiasi atas dipilihnya Kabupaten Sorong sebagai Tempat diselenggarakannya Kegiatan ini. Sehingga diharapkan kegiatan ini menghasilkan dampak yang baik bagi Kebupaten-Kota di Papua Barat.

Untuk diketahui kegiatan ini diikuti oleh 4 daerah yang potensial di Papua Barat diantaranya Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kabupaten Raja Ampat dan Kabupaten Manokwari. (Pbe)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.