Tahun 2021, Pemkab Ende NTT Tergetkan TN Kelimutu Sudah Berstatus Geopark

Oasepapua.id-Sejak Tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Ende sudah mulai gencar membentuk geopark Kawasan Taman Nasional (TN) Kelimutu dan sekitarnya di Kecamatan Kelimutu, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Namun dengan pembentukan tersebut Pemerintah setempat melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Ende, berkomitmen TN Kelimutu dan sekitarnya di Kecamatan Kelimutu di Tahun 2021 sudah berstatus sebagai kawasan geopark.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ende, Hiparkus Hepi , Kamis (3/10).

Seperti dikutip Antara bahwa saat ini tim kerja pembentukan kawasan geopark Kelimutu sudah dibentuk melalui kerja sama dengan tim dari Jawa Barat.

Selanjutnya, kata Hiparkus, konsultan akan melakukan kajian di lapangan terkait berbagai keanekaragaman hayati, geologi, dan budaya di kawasan wisata yang terkenal memiliki keunikan berupa danau tiga warna itu.

“Beragam kekayaan seperti unggas, tanaman, bebatuan, dan budaya masyarakat di kawasan Kelimutu ini akan dikaji, dan hasilnya akan diuji tim dari pemerintah pusat maupun UNESCO untuk selanjutnya mengeluarkan rekomendasi layak atau tidaknya,” katanya.

Iamengaku optimistis geopark tersebut bisa terbentuk dan akan memberikan berbagai dampak yang menguntungkan pemerintah dan masyarakat di kabupaten setempat.

Menurutnya, ketika kawasan geopark terbentuk maka promosi pariwisata Ende akan semakin mendunia sehingga akan menarik minat masyarakat dari berbagai wilayah atau negara untuk berkunjung.

“Dengan begitu nilai tambah dari sisi promosi akan semakin besar sehingga menjadi referensi wisatawan dunia untuk datang ke Ende,” katanya.

Ia menambahkan orang-orang akan datang untuk berwisata, melakukan riset, kajian budaya, dan lainnya, dan ini akan menguntungkan pemerintah dan masyarakat di daerah.”

Diharapkan tidak ada halangan berarti dalam proses pembentukan kawasan geopark agar berbagai manfaatnya dapat lebih cepat memajuhkan daerah setempat, demikianHiparkus Hepi.(Sumber Antara.//red004)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.