Tahun 2020 Dinas Pendidikan Propinsi Papua Barat Alokasikan BOSDA Untuk SMA dan SMK

Oasepapua.id- Untuk meningkatkan mutu pendidikan tingkat SMA dan SMK, pemerintah propinsi Papua Barat akan mengalokasikan Dana Bantuan Operasional Daerah (BOSDA) sebagai penunjang mutu pendidikan di wilayah tersebut. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat, Barnabas Dowansiba, di Manokwari, Senin (18/11/2019).

Menurut Bernabas, pihaknya saat ini sedang mendorong pengalokasian anggaran dalam APBD melalui skema Bantuan Operasional Sekolah Daerah.

“Untuk daerah-daerah tertinggal baik di pedalaman maupun pesisir akan sulit berkembang jika hanya mengandalkan dana BOS dari pemerintah pusat. Melalui BOSDA mudah-mudahan ada perkembangan yang signifikan,” kata Bernabas.

Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Papua Barat, Barnabas Dowansiba

Hingga saat ini untuk pendidikan tingkat SMA dan SMK hanya mendapatkan suntikan dana dari pemerintah pusat melalui BOS, oleh karena itu pihaknya akan berupaya melalui BOSDA agar pendidikan diwilayah ini terutama dipedalaman dapat berkembang sesuai yang diharapkan.

“Saat ini kami sedang mengumpulkan data yang akan menjadi acuan dalam penyaluran dana tersebut. BOSDA akan diberikan secara proporsional sesuai kondisi wilayah serta sekolah,” ujarnya

Selain itu, pihaknya menegaskan pentingnya Dapodik (data pokok pendidikan) dapat mengetahui jumlah sisiwa, guru serta lainya sebagai penunjang kebijakan tersebut.

“Tingkat kemahalan setiap daerah ini beda-beda, ini akan menjadi acuan. Tentu yang juga penting adalah Dapodik seperti jumlah siswa, guru, dan lain-lain,” ujarnya lagi.

Pihaknyapun berharap banyak agar BOSDA  tahun depan dapat terrealisasi.

“Mudah-mudahan tahun depan BOSDA sudah bisa kami laksanakan,” ungkap Bernabas.

Untuk diketahui sekitar 53 SMK dan 121 SMA di Propinsis Papua Barat yang saat ini hanya memperoleh dana dari pemerintahan pusat melalui BOS. (Sumber Antara/Red003)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.