Seorang Pekerja Bangunan Asal Toraja Tewas Ditikam OTK Di Wamena

Oasepapua.id Deri Datu Padang (30) seorang pekerja bangunan tewas ditikam orang tak dikenal (OTK) saat melintas di dekat jembatan Woma, Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Sabtu (12/10).

Warga asal Toraja ini, meregang nyawa setelah ditikam di bagian perut dan mengalami pendarahan hebat. 

Dikutip dari Seputar Papua.com sebelumnya, korban bersama lima rekan lainnya berboncengan menggunakan empat unit sepeda motor, saat kembali dari lokasi kerja mereka di depan Paroki Woma menuju Kota Wamena.

Ketika sampai di depan jembatan Woma, korban yang tepat berada pada iring-iringan paling depan, tiba-tiba ditikam oleh OTK yang berjumlah dua orang.

Pelaku berciri-ciri pria dewasa memakai baju merah dan satunya masih remaja. Keduanya melarikan diri ke arah kuburan lama.

Setelah ditikam, korban yang mengendarai motor terjatuh kemudian berusaha bangkit kembali mengendarai motor dengan kondisi pisau masih tertanam di perut. 

Korban melapor di Pos Brimob dekat Pasar Woma kemudian dilarikan ke RSUD Wamena. Sesampainya di rumah sakit, kondisi korban semakin kritis karena mengalami pendarahan hebat. 

Korban sempat menjalani penanganan medis namun nyawanya tak dapat diselamatkan. Pihak medis menyatakan korban telah meninggal dunia pada pukul 16.50 WIT. 

Kapolres Jayawijaya, AKBP Tonny Ananda Swadaya kepada wartawan, membenarkan kejadian itu. Dia pun menyampaikan bela sungkawa atas peristiwa yang menimpa salah satu warga Toraja.

“Iya betul. Saya turut berduka cita karena korban ini masyarakat Toraja yang mana baru pulang bekerja dari arah Woma. Mereka dihadang kemudian ditusuk, seperti itu,” kata Tonny.

Tonny menegaskan, pihaknya masih berupaya mencari pelaku penusukan. Dia pun telah mengerahkan anggota Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Jayawijaya untuk mengungkap pelaku penikaman Deri Datu Padang.

“Kami belum tahu pelakunya, namun kami berupaya segera mengungkap dari Reskrim kami kerahkan siapa pelaku-pelaku ini,” tegas Tonny.

Pascapenusukan warga Toraja, Bupati Jayawijaya John R Banua langsung menggelar pertemuan di Gedung Tongkonan Jayawijaya, Sabtu malam. Pertemuan itu juga dihadiri tokoh masyarakat Toraja serta seluruh warga Toraja di Wamena.

Saat ini Kapolda Papua Inspektur Jenderal Polisi Paulus Waterpauw telah berada di Wamena untuk mengecek lebih lanjut tindak kriminal yang menimpa salah satu warga Toraja. Sementara jenazah Deri Datu telah disemayamkan di Rumah Adat Masyarakat Toraja, sejak semalam (red.004)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.