Polsek Kelapa Lima Bekuk Spesialis Pencuri Aki Lampu Jalan di Kota Kupang

Oasepapua.id Aksi pengrusakan lampu jalan dan pencurian aki (accu) sollar cell lampu jalan yang selama ini meresahkan masyarakat di Kota Kupang, NTT akhirnya terbongkar.

Saat ini spesialis pencuri aki(Accu) lampu jalan tenaga surya diamankan Kepolisian sektor Kelapa Lima, Polres Kupang Kota.

Kapolsek Kelapa Lima Ajun Komisaris Polisi Andry Setiawan kepada wartawan di Kupang, Selasa (19/11) mengatakan bahwa dari empat tersangka pelaku itu, dua orang di antaranya merupakan pelaku pencurian dan dua orang lainnya merupakan penadah.

Keempat pelaku itu bernama Feky Toy dan Mel Toy yang merupakan saudara kandung, kemudian Adi Supriyatno dan Odi Anoyang bertindak sebagai penadah.

Polisi juga masih lakukan pengejaran terhadap Jemson Toy dan Ridwan Toy yang juga masih berhubungan darah dengan tersangka pelaku pencurian itu.

Dilansir Antara, Andry menguraikan bahwa para tersangka pelaku khususnya yang melakukan aksi pencurian ditangkap saat sedang mencuri aki lampu jalan di Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang.

“Aksi mereka dilakukan pada subuh, saat orang-orang sudah tidur, sehingga mereka bisa bebas mencuri aki lampu jalan tersebut,” tambah dia.

Setelah dilakukan penangkapan terhadap kedua pelaku, polisi kemudian mengeledah rumah yang menjadi tempat tinggal para pelaku.

Saat diperiksa dan dilakukan pengeledahandi rumah mereka di kelurahan Bakunase, polisi menemukan puluhan aki berukuran sedang dan kecil.

“Kami temukan sebuah mobil yang digunakan untuk mengakut aki, beserta 17 aki ukuran kecil dan 15 aki ukuran sedang yang siap dijual kepada penadah,” tambah Andry.

Harga jual aki sendiri dari penadah pertama dibadrol dengan harga Rp3.000/kg, kemudian dijual lagi dengan harga Rp14.000/kg kepada penadah berikutnya.

Aki lampu hasil curian itu akan dipasarkan lagi oleh parapenadake Surabaya, Jawa Timur dan Kalimantan.

Para tersangka dijaring denganpasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama lima tahun, dan penadah dijerat pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara. (004)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.