Polisi Amankan 8 Orang Pembawa 29 Bendera Bercorak Bintang Kejora di Manokwari

Oasepapua.id– Jajaran Kepolisian Resor Manokwari mengamankan 8 orang pembawa 29 bendera bermotif bintang kejora. Penangkapan ini berlangsung pada Rabu (27/11) Pukul 04:00 WIT, di depan SMP Negeri 3 Manokwari, Distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat.

Ke-8 orang pembawa puluhan bendera ini biasa menjadi simbol pergerakan Papua merdeka, berinisial BP, AM, FN, JI, SI, FA, NK, M. Dari pemeriksaan polisi, seorang berstatus mahasiswa dan seorang lainnya berstatus pelajar.

Dilansir Kumparan, Kasat Reskrim Polres Manokwari, AKP. Musa Jedi Permana mengatakan ke-8 orang ditangkap saat melintas di Jalan Yos Sudarso Manokwari dengan menggunakan mobil berwarna merah.

Barang Bukti Yang diamankan Polisi

“Saat itu mobil langsung dihentikan oleh petugas dan dilakukan penggeledahan dan ditemukan bendara Bintang Kejora dan barang bukti lainnya,” ujarnya, Rabu (27/11).

Saat kejadian, polisi juga mengamankan satu unit kendaraan jenis pick up, yang membawa sejumlah barang bukti lain yang rencananya akan digunakan pada tanggal 1 Desember mendatang, untuk memperingati HUT OPM.

Barang bukti itu di antaranya 2 unit speaker, 19 buah ID Card, 1 buah tiang bendera, 1 unit genset, 1 buah amplifier,1 unit pengeras suara, 1 buah mimbar, 1 buah tas hitam yang berisikan 42 buah surat undangan, 1 buah gergaji, 1 buah palu, 29 buah bendera Bintang Kejora, 5 buah baliho berukuran besar, 4 buah pamflet, dan 2 unit mobil.

“Keterangan ke-8 terduga mengaku diperintahkan oleh temannya dan rencananya akan mengikuti kegiatan pada 27 November ini, serta kegiatan tanggal 1 Desember,” jelasnya.(004)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.