Pimpinan DPRD Sementara Kabupaten Sorong, Harus Selesaikan 3 Tugas Pokok


Oasepapua.id– Sebanyak 25 anggota DPRD Kabupaten Sorong terpilihpada pemilu telah resmi dilantik, Senin (30/9/2019). Untuk pimpinan sementara DPRD, Habel Yadanfle ,SH, sedangkan  Nus Kadrun Litiloly  sebagai Wakil Ketua DPRD Sementara.

Namun, sebagai Pimpinan DPRD sementara Kabupaten Sorong, harus menyelesaikan tiga tugas pokok sebelum ditetapkannya pimpinan DPRD  Sorong yang definitif. Ketiga tugas tersebut, harus selesai maksimal 14 hari pasca pelantikan. Atau paling lama satu bulan ke depan.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Dewan  DPRD  kabupaten Sorong, Marthen Pajala  M.Si, kepada wartawan di kantor DPRD setempat.

Sekretaris Dewan  DPRD  kabupaten Sorong, Marthen Pajala  M.Si,

Tiga tugas pokok yang harus diselesaikan tersebut  antara lain, membentuk fraksi-fraksi, merancang dan membahas Tata Tertib (Tartib) DPRD tahun 2019-2024, serta mengumumkan calon pimpinan definitif DPRD Kabupaten  Sorong.

“Sebelum pimpinan definitif DPRD ini terbentuk, seluruh anggota dewan yang dipimpin oleh ketua sementara dan wakil ketua sementara, bisa berjalan dengan baik. Sehingga proses ketiga tugas itu dapat diselesaikan  sesuai dengan tartib dan waktu yang ditentukan,” ujarnya.

Setelah  pimpinan DPRD definitif telah ditentukan, kemudian tugas jangka pedek pimpinan DPRD yang harus diselesaikan adalah pembentukan alat kelengkapan mulai dari Badan Anggaran, Badan Musyawarah, Badan Legislasi Daerah, Badan Kehormatan dan pembentukan komisi-komisi.

“InsyaAllah dengan target satu bulan pembentukan alat kelengkapan bisa selesai, anggota DPRD  sudah bisa bekerja sesuai dengan tanggung jawab masing-masing,” kata  Marthen.

Sementara, Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru, S.H., M.Si menyampaikan bahwa agar Anggota DPR yang baru saja dilantik dapat bekerja dengan baik. Selain itu diminta dapat membangun kerja sama dengan Pemerintah .  ditambahkannya masih banyak program yg harus diselesaikan,

“Berhasil dan tidaknya program itu bergantung pada saudara semua”. Tegas Bupati Sorong.

Selain itu Bupati Sorong menyampaikan kepada Pemerintah dan masyarakat kabupaten sorong dapat mendukung DPRD terpilih, hal ini penting karena semua elemen masyarakat memilikin peran besar dalam pembangunan Kabupaten sorong.

Diketahui, Ke- 25 Anggota DPRD periode 2019-2024 ini dilantik dan diambil sumpah janji. Pengucapan sumpah janji  dipandu oleh ketua Pengadilan Negeri ( PN) Sorong  H. Masduki SH yang berlangsung di ruang sidang Kantor DPRD Sorong. (30/9/2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.