Peringati Hari HAM, Mahasiswa dan Pemuda Demo Ke Kantor Wali Kota

Oasepapua.idSekelompok orang yang menamakan diri Solidaritas Mahasiswa dan Pemuda peduli Hak Asasi Manusia (HAM) Papua dengan membawa spanduk bertuliskan “Menolak Lupa, Papua Berarah” Papua mendatangi kantor Wali Kota Sorong, Selasa (10/12).

Koordinator lapangan (Korlap), Ambruk Klagili dalam orasinya mengatakan tujuan kedatangan mereka dalam rangka hari HAM sedunia sebagaimana ditetapkan oleh dewan HAM PBB, sehingga pada tanggal 10 Desemeber perlu diingat sebagaimana sebagai milik seluruh manusia di muka bumi ini termasuk Presiden Republik Indonesia bersama jajarannya dan juga pejabat pemerintah daerah.

Oleh karena itu, kata dia,  bertepatan dengan hari HAM tersebut seluruh masyarakat Papua menyampaikan kekesalan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) atas semua peristiwa yang terjadi diatas tanah Papua. Sehingga, sambung dia, Rakyat Papua menuntut kepada NKRI segera menuntaskan kasus pelanggaran HAM di Papua.

“Kami rakyat Papua juga menuntut agar Negara Republik Indonesia segera mengadili pelaku penyiksa terhadap masyarakat sipil berdasarkan Uundang-undang yang berlaku,” ujarnya.

Adapun janji visi-misi presdisen Republik Indonesia Joko Widodo yang menyatakan akan menuntaskan kasus HAM di tanah Papua, namun hingga kini terlupakan. Adapun ketegasan mereka, kata dia, bahwa harus segera menarik pasuskan organik maupun non organik dari tanah Papua dan juga segera membebaskan para tahanan politik yang ada di Fak-Fak dan Kota Sorong.

“Apabila tuntutan agar penuntasan kasus HAM tidak di laksanakan dengan baik, maka Referendum bagi Papua Barat adalah solusi,” tuntasnya.

Pantauan media ini Usai menyampaikan aspirasinya, masa aksi disambut baik oleh Wali Kota Sorong, Drs. Ec. Lambert Jitmau, MM dan menerima semua hasil tuntututan kelompok aksi dan Wali Kota berjanji akan meneruskan ke Presiden Republik Indonesia.

Wali Kota pun berharap, Usai melakukan aksi, para kelompok aksi diminta untuk tidak melakukan aksi yang diluar dugaan, karena masyarakat Kota Sorong sedang mempersiapkan diri menyambut perayaan hari raya Natal dan Tahun Baru, sehingga diharapkan menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan masyarakat.(Pbe)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.