Paus Fransiskus Tetapkan Romo Siprianus Hormat Jadi Uskup Ruteng

Oasepapua.idPenantian panjang umat Katolik Keuskupan Ruteng akan seorang Uskup baru terjawab sudah. Romo Siprianus Hormat resmi ditunjuk Paus Fransiskus menjadi Uskup Keuskupan Ruteng.

Pengumuman itu dilakukan serentak Vatikan dan di Gereja Katedral Ruteng pada Rabu malam, 13 November 2019.

Di Ruteng, pengumuman disampaikan oleh Vikjen Keuskupan Ruteng, Romo Alfons Segar Pr.

Dikutip Dari Kantolikpedia.id, Keuskupan Ruteng yang sebelumnya mengalami sede vacante, kini sudah memiliki Uskup yang baru.

Sebelum terpilih menjadi Uskup, imam yang lahir pada 16 Juli 1965 ini mengemban tugas sebagai Sekretaris Eksekutif Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) periode 2016-2022, dan berkantor di KWI Jakarta.

Sebelumnya lagi, imam dioses atau Praja Keuskupan Ruteng ini juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Komisi Seminari KWI dan Ketua Unio Indonesia.

Dengan terpilih menjadi Uskup Ruteng yang baru, maka sudah pasti Mgr Siprianus Hormat akan melepaskan tugasnya tersebut dan kembali ke Ruteng untuk menggembalakan umat yang dipercayakan kepadanya.

Selama sede vacante sejak 11 Oktober 2017, Keuskupan Ruteng digembalakan oleh Mgr Silvester Tung Kiem San sebagai Administrator Apostolik.

Setelah dua tahun berlalu, kini umat Katolik Keuskupan Ruteng dan umat Katolik Indonesia patut bersyukur karena Tuhan memilih putra terbaik Indonesia, Mgr Siprianus Hormat, untuk menjadi gembala di wilayah Keuskupan Ruteng. (Red004).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.