Partai Berlambang Beringin Masih Mendominasi DPRD Kota Sorong

Oasepapua.id– Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Sorong, akhirnya menetapkan anggota DPRD Kota Sorong, untuk masa bakti 2019-2024, dalam sidang terbuka yag berlangsung di lantai 4, Hotel Royal Mamberamo, jalan Sam Ratulangi, Kampung Baru Kota Sorong, Papua Barat. Senin (22/7).

Namun, penetapan calon legislatif Kota Sorong, masih seperti Pemilu sebelumnya, dimana Partai Golkar kembali menguasai parlemen Kota Sorong, dengan menempatkan 8 kadernya di kursi Dewan.

Ketua Komisioner KPUD Kota Sorong, Roberth Yumame, ketika dikonfirmasi, di sela-sela kegitan, menjelaskan partai berlambang pohon beringin tersebut masih mendominasi kursi Anggota DPRD Kota Sorong, untuk masa pengabdian 2019 hingga 2014.

Dari 30 kursi yang diperebutkan pada pemilu 17 april lalu, partai golkar meraih suara terbanyak, di Kota Sorong dan meperoleh 8 kursi anggota DPRD.

Selain Golkar, Lanjut Dia, Partai Gerindra, PDI Perjuangan dan partai Demokrat meraih masing-masing 3 kursi. Partai Hanura, PANp, PKS, Perindo, PKB dan Partai Nasdem meraih masing-masing 2 kursi, PPP hanya berhak atas 1 kursi.

” Untuk kontestan lain, partai Garuda, partai Berkarya, PSI, dan PKPI tidak berhasil duduk di gedung DPRD Kota Sorong. ” Sebut Roberth

Robert mengatakan, Golkar unggul di 3 dapil, yaitu dapil 1 (dua kursi) dapil 2 (tiga kursi) dan dapil 3 (tiga kursi)

“Kita tahu bersama bahwa kursi DPRD Kota Sorong, Partai yang dominan adalah partai Golkar dengan perolehan sebanyak 8 kursi, sisanya itu dari PDI P, partai Demokrat dan partai Gerindra dan Nasdem, yang lain satu-satu. Berdasarkan ketentuan partai yang memiliki suara terbanyak akan memegang kursi pimpinan dewan, namun kembali ke mekanisme internal partai masing-masing. Tugas KPUD yang menetapkan dan menyerahkan ke pemerintah daerah untuk dilantik.”Jelas Robert Yumame.

Diketahui, untuk Dapil I dari partai golkar diwakili (Erwin Ayal dan Elly Nio), Melkianus Way mewakili partai Demokrat, Michael Ricky Tanery (PDIP Perjuangan), Partai Nasdem diwakili Aguste Sagrim, PKB diwakili Irwan Mangga, Perindo (Johny Kareth), Syarifudin sabonama kembali duduk di kursi dewan Kota dari PAN, Partai Hanura diwaliki Cosmos Rony Pande, Hamka bahry partai Gerindra, dan La Ode Samsir dari PKS.

Dapil II, partai Golkar meloloskan tiga kadernya yakni (Petronella Kambuaya, Adi Gunawan Sinaga dan Astrid Andi Sampara), Selestinus Puandanan mewakili partai Demokrat, Muhammad Taslim (PKS), James Malibela partai Hanura, Abdul Ahmad (Perindo), Elizabeth Nauw PDI Perjuangan dan Paulus Lilinsugi (Gerindra)

DApil III, Golkar meloloskan tiga kedernya yaitu Hermin S. Matandung, Juni Triatmoko dan Gladys Hilda Hityahubessy, Demanto Silalahi dari partai Nasdem, Daud Kombangtimang (PDI Perjuangan), Kumisi Abbas partai Demokrat, Syamsudin M. Djohan Partai gerindra, Muhammad Rafiq (PAN), Aryanto Husni PKB dan Rosmia Matalitty dari Partai Persatuan Pembangunan.

” KPUD Kota Sorong masih menunggu Pemerintah Daerah untuk melantik ke 30 anggota DPRD Kota Sorong tersebut.” Tuntasnya (JJ)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.