Mesin ATM Milik Bank Niaga Di Timika Nyaris Dibobol Maling, Polisi:  Kamera CCTV Ditutupi Cat

Oasepapua.id– Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik Bank CIMB Niaga yang berada di depan Toko Mega Square, Jalan Yos Sudarso, Kota Timika, Mimika, Papua, nyaris dibobol maling, Kamis (31/10). Pelaku berhasil merusak mesin ATM, tapi belum sempat menggasak duit di dalamnya, pasalnya aksi yang dilakukan diketahui warga dan kabur.

Kasat Reskrim Polres Mimika, AKP I Gusti Agung AP membenarkan adanya kasus tersebut. 

Hasil identifikasi Bagian identifikasi Polres Mimika saat melakukan Olah Tempat Kejadian (TKP) bahwa diduga pelaku sudah merencanakan aksinya dengan matang. Ini terlihat dari hasil olah TKP yang dilakukan.

” Dari hasil olah TKP, pihaknya menemukan sejumlah fakta, yakni kamera CCTV yang berada di pojok kiri atas telah tertutup dengan cat warna hitam, begitu juga dengan dua kamera CCTV pada layar ATM, juga sudah tertutup cat warna hitam,” Paur Identifikasi sekaligus Ketua Tim Olah TKP Satreskrim Polres Mimika, Aipda Ramli, seperti dikutip Dari Seputar Papua.

Selain itu, pintu pada mesin ATM sudah terbelah. Diduga  pelaku menggunakan alat listrik, karena masih terlihat jelas sisa dari upaya pembongkaran mesin ATM,  hanya tidak tau alat  menggunakan gurinda atau las.

Ia mengatakan, walaupun sempat membelah pintu pada mesin ATM, pelaku belum sempat mengambil uang. 

Hal ini dikarenakan, saat melakukan aksinya seorang warga mengetahuinya dan pelaku langsung membunyikan tiang listrik dan kabur.

“Dalam olah TKP, kami hanya mendapatkan kertas yang terbakar. Dan diduga terkena alat listrik,” terangnya.

Terkait dengan kamera CCTV di depan Mega Square, kata dia, pihaknya tidak mendapatkannya. Sementara hasil koordinasi dengan pemilik Toko Murah Senang Hati, yang letaknya tepat di depan ATM, kamera CCTV sudah tidak berfungsi.

Dari pengalaman kasus yang ditangani, diduga pelaku sudah merencanakan aksi ini dan dilakukan oleh orang yang profesional.

“Pelaku sudah merencanakan, karena mengetahui kamera CCTV pada ruangan dan mesin ATM,” ungkapnya.

Dikutip  dari Seputar Papua.com, peritiwa tersebut diketahui pada  rekaman video yang beredar disalah satu aku facebook menerangkan, kejadian ini terjadi sekitar pukul 03.40 WIT.

Dimana salah satu nasabah yang hendak menuju ATM melihat satu unit mobil Avanza warna merah maron tanpa nomor polisi, yang diduga milik pelaku.

Mobil tersebut berada dekat ruangan mesin ATM. Ada juga terlihat seseorang dengan menggunakan penutup wajah berdiri samping mobil. 

Ketika melihat nasabah itu datang, orang tersebut langsung mengetuk tiang listrik. Selanjutnya mobil itu pergi.

Ketika nasabah memasuk ke ruang ATM, di dalam ruangan penuh asap diduga bekas di las oleh pelaku. Karena nampak sisa-sisa las pada mesin ATM. Atau tepatnya pada kunci mesin ATM tersebut. Namun pelaku belum sempat mengambil uang di dalam ATM, karena keburu ketahuan dan kabur.

Dari kejadian tersebut, pihak Bank CIMB Niaga termasuk pimpinannya langsung mendatangi lokasi sekitar pukul 09.00 WIT, guna melakukan pengecekan. Rencananya, mesin ATM tersebut akan diganti. (Sumber Seputar Papua.red 004)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.