Mengenal Lebih Dekat, Ini Sosok  Briptu  Hedar Yang Dibunuh KKB

Oasepapua,id– Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kembali berduka setelah salah satu prajuritnya Almarhum Briptu Anumerta Hedar ditemukan gugur akibat penembakan Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) di Kabupaten Puncak, Papua pada Senin (12/8) Sore. Dan Almarhum akan dimakamkan di kampung halamannya di Desa Siawung Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes A.M Kamal menyebut setelah dilakukan upacara pelepasan dan penghormatan terakhir oleh Kapolda Papua Irjen Rudolf Rodja dan Panglima TNI Mayjen TNI Josua Pandit Sembiring serta jajaran Muspida Kabupaten Puncak di Bandara Moses Kilangin Mimika, almarhum diterbangkan ke Makassar dan lanjut ke kampung halaman untuk dimakamkan.

“Almarhum akan diterbangkan ke Makassar dengan pesawat Sriwijaya Air SJ -589 pukul 14.00 WIT. Turut dalam penerbangan itu keluarganya dari Serui,” kata Kamal, Selasa (13/08),

Kamal menuturkan bahwa kepergian salah satu Personil terbaik Polri ini sangat sangat membuat keluarga besar Kepolisian terkhusus Polda Papua merasa kehilangan.

Dikutip Laman Facebook Polda Papua, Kamal menguraikan bahwa Brigpol Anumerta Hedar lahir di Barru, Sulawesi Selatan pada tanggal 17 Juli 1995 dari pasangan Suami Istri, Bapak Kaharuddin yang bekerja sebagai Wiraswasta dan Ibu Nurhaeda merupakan ibu rumah tangga.

Almarhum merupakan anak tunggal, Dimana Almarhum. menyelesaikan Sekolah Dasar pada tahun 2007 di MI Darusalam, SMP Negeri 2 Serui pada tahun 2010, kemudian lulus di SMA Negeri 1 Serui pada tahun 2013 dan melanjutkan kuliah dengan mengambil jurusan manajemen S1 Tahun 2018. Almahrum Hedar juga dikenal mahir dalam berbahasa asing yakni bahasa Jerman.

Awal kiprah menjadi seorang Brigadir Polri, dimana Almarhum mengikuti Pendidikan Bintara Tugas Umum Polri Tahun 2014 di SPN Jayapura Polda Papua dan pada tahun 2015, setelah mengakhiri pendidikannya almarhum mendapat penempatan di Polres Lanny Jaya dengan jabatan Bintara Reskrim selama 2 tahun, selanjutnya pada tahun 2017 bergabung di Dit Reskrimum Polda Papua.

“Selama dinas 5 tahun Almarhum dikenal sebagai sosok personil yang disiplin, ulet dan jujur serta bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh pimpinan. Berkat kedisiplinannya tersebut, sehingga pada tahun 2017 Almarhum mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa dalam aksi pembebasan sandera warga Papua dan Non Papua oleh KKB di tembagapura yaitu di Kampung Banti, Distrik Tembagapura pada tanggal 11 November 2017,” Jelas Kamal

Tidak hanya itu, Almarhum juga banyak mendapatkan bintang jasa karena berhasil mengungkap sebanyak 11 kasus kriminal yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal bersenjata (KKB) yang terjadi di wilayah pegunungan tengah Papua.

Namun, sebagai wujud perhatian pimpinan Polri terhadap personil yang gugur dalam melaksanakan tugas Negara, Almarhum Briptu Hedar berdasarkan surat telegram Kapolri Nomor: STR/2111/VIII/KEP./2019 tanggal 12 Agustus 2019, dinaikan pangkat setingkat lebih tinggi menjadi Brigadir Polisi Anumerta. (Pol.Papua. 005)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.