Launching Forum Komunikasi Ekonomi Wabup Sorong : Hilangkan Ego Sektoral

Oasepapua.id– Salah satu faktor penentu dalam mewujudkan  perencanaan pembangunan di daerah dalam mencapai suatu tujuan adalah koordinasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Namun  terjalinnya komunikasi yang baik dan intens pada forum ini, diharapkan pula ego sektoral pada opd dapat diminimalisir, dan kalau bisa dihilangkan.

Hal itu ditegaskan Wakil Bupati Sorong Suka Harjono saat peluncuran Forum Komunikasi Ekonomi, yang berlangsung di aula Bapperlitbang kilometer 24 Aimas, Selasa (12/11/2019).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati menyampaikan koordinasi dalam perencanaan pembangunan memegang peran yang sangat penting untuk mencapai tujuan pembangunan yang tertuang dalam visi dan misi kepala daerah, terutama pada misi ke 3, yakni  mengembangkan ekonomi kerakyatan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Koordinasi pada bidang perekonomian dan sumber daya alam sangat penting untuk menghubungkan berbagai elemen dalam mensinergikan kegiatan,  dan memudahkan pengendalian maupun mekanisme sistem pelaporan realisasi kegiatan pembangunan,” jelas Suka Harjono.

Dengan diluncurkannya  Forum Komunikasi Ekonomi di Kabupaten Sorong, Wabup Suka Harjono  berharap agar terjalin komunikasi yang baik,  dan intens antar OPD terkait pembangunan di bidang ekonomi, khususnya dalam konsultasi publik setelah musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) pada tingkat  distrik.

“Dengan terjalinnya komunikasi yang baik dan intens pada forum ini, diharapkan pula ego sektoral pada OPD dapat diminimalisir, dan kalau bisa dihilangkan,” katanya.

Ego sektoral yang selama ini terjadi dalam hal koordinasi kegiatan ekonomi pada OPD menyebabkan pengusulan program pembangunan ekonomi tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat di daerah ini. (Pbe)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.