Kirab Kota Genderang Suling Gita Jala Taruna & Taruni AAL 65 Memukau Warga Kota Sorong

Oasepapua.id Aksi Kirab Kota Taruna-Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat IV Angkatan ke 65, yang berlangsung pada Kamis (14/11) Sore, berhasil memukau warga Kota Kota Sorong. Mereka menampilkan drumband khas TNI AL, Genderang Suling Gita Jala Taruna ALL, yang menunjukkan kegagahan serta kekompakan.

Rute Kirab Kota dimulai dari depan Lapangan Apel Kantor Wali Kota Sorong  yang dilepas langsung oleh Wakil Wali Kota Sorong Pahima Iskandar, dan berakhir di Markas Panglima Koarmada 3. Sepanjang jalan, para taruna-taruni tak henti menampilkan aksi yang sangat antraktif dan menghibur. Lagu yang dimainkan seperti Gemu Fa Mi Re dan beberapa lagu lainnya.

Wakil Wali Kota sorong , Pahima Iskandar Melepaskan Kirab kota, dihalaman Kantor Wali Kota sorong

Kemudian Postur mereka yang tegap dan lihai memainkan alat musik mengundang decak kagum penonton. Apalagi saat mayoretnya memainkan tongkatnya dengan lincah.

Yulita, Warga Sorong yang menyempatkan waktu melihat kirab Kota di Depan Mall Ramayana mengaku sengat apresiasi dengan kirab yang tampilkan para Taruna/I. ” Yang awal tadi penasaran adanya bunyi drumband dari arah Masjid Raya, tahunya anak sekolah pas lihat begini dan dengar dari warga katanya para taruna/i AAL” Ungkapnya,

Menurutnya, pertunjukan dari taruna-taruni sangat antraktif dan memukau. Karenanya ia menyayangkan atraksi itu hanya sebentar. ”Walau sebentar, penampilan mereka luar biasa. ” Tuturnya dengan raut wajah yang menggembirakan.

Sementara Wakil Wali Kota Pahima Iskandar dalam sambutan sebelum melepaskan Kirab bahwa sangat apresiasi kirab kota yang dilakukan Taruna-Taruni ALL angkatan ke 65 di wilayah kepala burung cendrawasih ini dan mengucapkan selamat dan sukses atas pelaksanaanya.

Pahima juga  berpesan kepada para taruna-taruni agar jadilah teladan dan contoh bagi para remaja di Kota Sorong dalam hal ini memberikan pemahaman yang baik kepada para siswa seperti yang diagendakan untuk dikunjungi.

“Apalagi yang kita tahu bahwa semua pengaruh dari dampak teknologi tidak dapat diserap dengan baik dan mempengaruhi mental para penerus bangsa dengan penyebaran informasi hoax yang dan pengaruh negatif lainya yang mengarah kepada sinergitas bangsa. Oleh Karena itu hadirnya kunjungan AAL di Kota Sorong berdampak positif dan merubah mainset pikiran pemuda penerus bangsa yang lebih baik,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Dansatgas Jalayudha Kol laut (P) Sumarji Bimo Aji selaku penanggung jawab kegiatan kunjungan taruna dan taruni AAL menyampaikan terima kasih kepada pihak Wali Kota Sorong yang telah menerima dan bisa melaksanakan Kirab Kota oleh taruna dan taruni Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL angkatan ke 65 dan juga siswa/i di Kota Sorong yang  ikut terlibat.

Ia mengatakan, bahwa para taruna dan taruni AAL dari 97 yang berlayar  ikut di karya Abdul Halim Perdanakusuma 355 berjumlah 57 orang, dengan menggunakan dua KRI yaitu KRI Bung Tomo dan KRI Sultan Iskandar Muda

”  Dari 57 orang ini terdiri dari 25 orang dari korps pelaut, 12 orang dari korps teknik, 13 orang dari elektronika dan 7 orang dari korps suplay , Untuk total  pelayaran Jalayudha,selama lebih kurang 1 bulan dimulai dari  1 November sampai dengan 1 Desember 2019″ Sebutnya.

” Walaupun bebagai hiburan untuk masyarakat, Kirab Kota dilaksanakan sebagai bentuk promosi TNI AL, serta misi TNI agar bisa lebih dekat dengan masyarakat, mudah-mudahan ini bisa menjadi inspirasi mereka.” Bebernya.

Selain kegiatan kirab ini, lanjutnya, kunjungan taruna/i tesebut dalam rangka Satlat Jalayudha Tahun 2019, dimana taruna dan taruni yang melaksanakan pelayaran laut sebagai praktek di KRI dimana sebagai asisten perwira jaga laut maupun darat mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan di Akademi TNI Angkatan Laut dan juga mendapat tambahan ilmu pengetahuan  mulai dari peperangan anti permukaan bawah air, udara dan peperangan elektronika, yang diharapkan nantinya bisa berperan sebagai asisten Kepala Divisi atau perwira divisi Di Departemen koperasi.

Kemudian lanjutnya,  untuk korp teknik mereka akan mempelajari tentang teks atau pemadam kebakaran yang ada di kapal dan juga nantinya diharapkan dapat menjadi perwira divisi Di Departemen mesin atau Departemen teknik di kapal.

” Korps elektronika, mereka juga secara spesifik akan belajar tentang berbagai peralatan elektronika navigasi alat deteksi di kapal termasuk beberapa peralatan persenjataan yang ada di seri dan juga Korps supply belajar terkait administrasi di kapal baik personil maupun logistik sehingga paham betul tentang prosedur dukungan terhadap KRI Sebelum melaksanakan tugas operasi atau berlayar” Jelasnya.

Kehadiran taruna/i di Sorong,Tambah Bimo, kurang lebih 3 hari yakni 14 sampai 16 November. Selanjutnya kami akan menuju ke kota Makassar rencana kami bertolak tanggal 16 menuju ke Makassar.

Foto Bersama pimpinan TNI -Polri dan Para Taruna dan Taruni

Tak lupa pula, Pihaknya juga meminta Doa dan dukungan sehingga Taruna Akademi TNI angkatan laut ke 65 ini dapat dilantik menjadi perwira dilantik oleh presiden kita bapak Jokowi di istana negara pada Juli 2020 nanti.

Pantauan media, Kirab dari kantor wali Kota hingga finis di Markas Panglima Koarmada III berjalan aman, wargapun berbondong-bondong menyaksikan atraksi drum band tersebut hingga selesai, bahkan warga banyak meminta foto bersama para taruna dan taruni.(Pbe)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.