Ini Hasil Survei MRKI Popularitas dan Elektabilitas Balon Wabup Dan Wabup Pilkada 2020 di Kabupaten Sorsel

Oasepapua.id- Lembaga Mindset Riset dan Konsultan Indonesia (MRKI) melakukan survei terhadap Popularitas dan elektabilitas bakal calon (Balon) kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk 9 kabupaten di Papua Barat yang akan menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 mendatang.

Kegiatan launching Hasil Survei Kepala Daerah dan wakil Kepala Daerah khusus Kabupaten Sorong Selatan ( Sorsel) yang digelar di Hotel Swiss Bell Sorong, Minggu (22/9/2019).

Survey yang dilakukan sejak tanggal 26 Agustus hingga 15 September 2019 ini melibatkan 440 responden dan menggunakan metode pengambilan sampel acak dengan margin of error +- 2,8 %. Pada tingkat kepercayaan 95 %.

Dalam keterangan rilis yang dipaparkan Direktur Eksekutif MRKI, Andi Adri Agus, menguraikan bahwa berdasarkan peta popularitas dalam survei bakal calon Bupati Kabupaten Sorsel adalah Samsudin Anggiluli unggul dengan 26,5 %, disusul Martinus Salamuk 21, 5 %, ketiga Alfos Sesa 20%, keempat Dortheis Sesa dengan 9,8 %, Lima Michel Momot 6,9 %, ke enam Felix Duwit dengan 6,5%, Pieters Konjol dengan 4,9%, dan sembilan Yunus Saflembolo 3,9%.

” Untuk Popularitas kandidat Calon Wakil Bupati Sorsel Marthinus Salamuk unggul dengan 28%, Kemudian disusul Ahmad Samsudin 22,5%, Lukman Wugaje 19,5%, Aristoteles Rodolf dengan 13,8%, Wurgerd Lepold Maraki 6,2%, Yusuf 3%, Alfius Way 2,7%, Yuliana Tauwe 1,5%, dan yance Ambaho 1% dan tidak menjawab 1,8%.” Ungkap Agus.

Sementara itu, Lanjut Agus untuk potensi elektabilitas kandidat calon Bupati, Alfons sesa berada di urutan pertama dengan 22, 8 persen, kemudian disusul Syamsuddin Anggiluli dengan 18,7 persen. Urutan ketiga Martinus Salamuk dengan 9,5 persen, urutan keempat Dortheis Sesa dengan 9,2 persen, urutan kelima Michel Momot dengan 9 persen.

“Urutan keenam Felix Duwet dengan 8,5 persen, urutan ketujuh Pieter Konjol dengan 8 persen, urutan kesembilan Yunus Saflembolo dengan 7,3 persen, dan tidak menjawab 7 persen,”papar saat merilis Peta Popularitas dan Potensi Elektabilitas Bakal Calon Bupati Sorong Selatan.

Kemudian, Berdasarkan survei ini , Elektabilitas Balal Calon Wakil Bupati Sorsel Marthinus Salamuk unggul 21,5%, Likman Wagaje 18,5%, Ahmad Samsudin 14,5%, Wugerd Leopold Maraki 11,7%, Aristoteles Rudolof 8,5%, Yuliana Tauwe 6,5%, Yusuf 5%, Alfius Way 4,7%, dan Yance Ambaho 3,1% Tidak menjawab 6%.

Selain itu Agus menegaskan bahwa MKRI melakukan survei tanpa dicampuri kepentingan manapun, baik dari kandidat maupun partai politik.

“Survey ini tidak satupun bakal calon maupun partai yang terlibat,”tegasnya

Pantauan media ini, bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Sorong Selatan yang sudah diundang oleh MKRI terlihat tidak hadir pada kesempatan tersebut. (PBE)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.