Hadirnya Pelapa Ring Menguatkan Akses Internet Di Tanah Papua

Oasepapua.id – Untuk mengatasi ketimpangan digital  hal ini dalam kebutuhan sarana prasarana telekomunikasi yang kian maju dan berkualitas, Pemerintah pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika akhirnya meresmikan penggunaan Palapa Ring di 6 daerah di Indonesia yang diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Istana Negara di Jakarta, Senin (14/10).

Direktur Keuangan BAKTI, Ahmad Juhari, mengatakan Palapa Ring merupakan proyek strategis nasional pembangunan jaringan tulang punggung, yang menghubungkan seluruh kota/kabupaten di Indonesia dengan jaringan serat optik.

Dijelaskannya proyek infrastruktur dalam komunikasi merupakan salah satu sarana disamping sarana-sarana yang lain sebagai  salah satu wujud untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan bertujuan untuk pemerataan akses dan harga layanan sehingga merata di seluruh Indonesia.

Menurutnya Pemerintah dalam hal ini kominfo setelah melakukan dan berperan penting di dalam  mewujudkan pemerataan infrastruktur telekomunikasi khususnya di wilayah wilayah kewajiban pelayanan utama atau universal service obligation yang merupakan program pemerintah untuk memberikan pemerataan pelayanan untuk mengurangi kesenjangan digital di daerah khususnya di daerah 3T yang secara sulit dijangkau

” Kata Palapa ini diambil dari sumpah Palapa, yang terbangun di 57 Kota layanan dan 33 Kabupaten interkoneksi di 11 Provinsi, paket palapa ring barat telah diresmikan tahun lalu, untuk tahun ini Palapa Ring akan tersambung di 6 daerah, yakni di Merauke, Sorong, Rote, Penajam Paser Utara, Jakarta dan Sabang” kata Ahmad saat peresmian Palapa Ring di wilayah Timur Indonesia Aula JA Jumame, STIE Bukit Zaitun Kota Sorong Papua Barat, Senin (14/10).

Proyek palapa ring merupakan proyek dengan skema KPBU yaitu kerjasama pemerintah dan badan usaha. Dimana ini merupakan skema KPBU pertama yang diresmikan yang akan menghubungkan atau menggelar kabel serat optik sepanjang 12000 km dari Barat hingga Timur Indonesia.                

Untuk Palapa Ring Barat, kata Ahmad, sudah beroperasional sejak Maret 2018. Kemudian Palapa Ring Tengah selesai bulan Desember 2018 dan Palapa Ring Timur yang digelar melalui NTT, Maluku kemudian Papua itu sudah diselesaikan sejak bulan Agustus 2019.

“Untuk paket timur itu sepanjang 4420 km kabel fiber optik yang berada di laut dan 2452 km di darat. Juga ada beberapa tower yang menggunakan teknologi microwave. Saat ini, seluruh proyek Palapa ring telah rampung dan insya Allah nanti akan diresmikan oleh Presiden RI.

Untuk itu Kebutuhan digital saat ini sudah bukan lagi barang mewah, sebab melalui digitalisasi akan sangat berdampak positif terhadap dukungan pembangunan secara nasional, sehingga pemerintah memandang perlu mempersiapkan infrastruktur yang memadai sehingga jangkauan layanan internet dapat berjalan secara baik.

”Kehadiran palapa ring diharapkan dapat memperkuat jaringan internet dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di tanah Papua dan Papua Barat ini untuk mendukung pencapaian untuk menuju Indonesia merdeka sinyal tahun 2020,” Ungkapnya

Sementara itu, Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani mengatakan hadirnya Palapa Ring ini diharapkan menjadi langkah penting dalam membangun kualitas telekomunikasi secara tepat, dengan kualitas dan jangkauan internet akan memudahkan sejumlah bidang usaha, seperti perekonomian yang meliputi bisnis, perdagangan, juga pendidikan.

“Dengan meningkatnya kualitas jaringan internet melalui diresmikannya Palapa Ring maka diharapkan mendorong sektor strategis bangsa, seperti perekonomian, pendidikan yang sangat bergantung erat pada dunia digital, terutama bagi kita yang ada di Papua yang masuk dalam daerah 3T, yakni tertinggal, terdepan dan terpencil” kata Mohamad Lakotani di aula J. A. Jumame STIE Bukti Zaitun Kota Sorong.

Peresmian Palapa Ring oleh Presiden Joko Widodo di istana Presiden disaksikan secara langsung juga di 6 daerah melalui Video Conference dan kemudian dilakukan interaksi Presiden bersama peserta peresmian Palapa Ring diberbagai daerah.(Pbe)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.