Habel Yadanfle: Kami Siap Jalankan Amanat Rakyat Kabsor Sesuai Sumpah Jabatan

Oasepapua.id–  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sorong (Kabsor) periode 2019-2024  akhinya menetapkan pimpinan definitif. Para pejabat yang dilantik dan serta pengucapan sumpah janji pimpinan Jumad (01/11) siang tadi adalah posisi Ketua DPRD, Habel Yadanfle dari Partai Golkar, Wakil Ketua 1 dari PDIP dan Suwarji dan Wakil Ketua 2  Adam Syatfle dari Partai Demokrat.

Pelantikan pimpinan DPRD sendiri diselenggarakan setelah turunnya surat keputusan Gubernur Papua Barat Nomor 170/225/10/2019 tanggal 25 Oktober 2019.

Saat diwawancarai usai acara pelantikan Ketua DPRD Kabsor, Habel Yadanfle menegaskan akan membawa optimisme baru dalam memimpin lembaga parlemen itu bersama unsur pimpinan yang lain.

Politisi Golkar ini menyebutkan menjadi salah satu misi yang akan dikembangkan dalam rangka mengakomodir aspirasi dari masyarakat sebagai konsituen adalah keterbukaan informasi kepada publik.

” Kami yang baru saja dilantik, punya komitmen itu, dan kami punya pernyataan sesuai sumpah jabatan. Kami akan menjalankan amanat masyarakat Kabupaten Sorong. Apapun yang diinginkan masyarakat, kami siap kawal. Kami akan kerja terbuka, bukan hanya kami bertiga, tapi juga bersama 25 orang anggota dewan ini,” kata Habel.

Menurutnya, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi DPRD, pihaknya akan menjalankan fungsi pengawasan, fungsi anggaran dan pengawasan secara terbuka. Selain itu, sebagai bagian dari penyelenggara pemerintahan, DPRD akan siap bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Sorong dalam untuk bersama-sama menjalankan visi dan misi Bupati Johny Kamuru.

“Kami siap backup, dengan menjalankan fungsi pengawasan dari setiap program Bupati yang dijalankan di masyarakat, untuk menciptakan Kabupaten Sorong yang lebih baik di masa kini, dan masa yang akan datang,” tandasnya.

Suwarji, Wakil Ketua I menambahkan, sebagai landasan hukum untuk menjalankan era keterbukaan dalam bekerja, saat ini unsur pimpinan dewan sedang membahas pokok-pokok pikiran seluruh anggota DPRD, yang akan dituangkan dalam Tata Tertib (Tatib). “Sehingga seluruh anggota dewan bisa menyerap aspirasi masyarakat,” tandasnya.

Sedangkan Adam Syafle, Wakil Ketua II menjelaskan, tugas pertama yang akan dilakukan unsur pimpinan dewan setelah dilantik adalah mengesahkan alat kelengkapan dewan, komisi, fraksi, badan anggaran dan badan kehormatan.

“Sehingga masing-masing yang bertugas, dapat segera melaksanakan tugas pokok mereka di lembaga ini. Kami sebagai pimpinan hanya fasilitasi. Yang pasti, ke depan kinerja kami akan lebih baik daripada periode sebelumnya. Pasti kami tingkatkan, dan itu harapan seluruh masyarakat Kabupaten Sorong,” Tuntas Politisi Demokarat . (Pbe)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.