Dinas PPPA Gelar Pernikahan Secara Masal Kepada Ratusan Pasutri Di Kota Sorong

Oasepapua.idPemerintah Kota Sorong melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kota Sorong menggelar pernikahan secara masal kepada  ratusan pasangan suami-istri (Pasutri) Kota Sorong.

Acara pernikahan secara masal kepada  122 pasutri ini berlangsung di gedung serba guna Dra. Welly Tigtigweria, Jumat (13/12/2019).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kota Sorong, Drs. Sefnath Sangkek menjelaskan bahwa itu merupakan pernikahan masal secara sipil yang akan dilakukan oleh dinas kependudukan dan catatan sipil Kota Sorong, yang sebelumnya telah dilakukan pernikahan masal secara agama yang dilakukan di gereja masing-masing pada tanggal 5-12 November 2019 lalu.

“Keseluruhan pasangan nikah ini di data secara langsung oleh dinas PPA  atas rekomendasi Wali Kota Sorong yang bekerja sama dengan Disdukcapil, dengan melakukan pendataan ke gereja-gereja yang ada di Kota Sorong,” jelasnya saat di wawancara di sela-sela kegiatan.

Dalam perencanaan dinas PPPA, diikutsertakan bagi semua Agama, namun dalam pelaksanaanya hanya pasangan yang beraga Kristen Protestan, karena bagi Agama lain khususnya Katolik tidak mendapatkan rekomendasi karena bertepatan dengan persiapan perayaan Natal, sementara untuk Agama Islam telah dilakukan nikah masal yang sama pada tahun lalu, dengan total kurang lebih 90 pasangan.

“Sementara untuk Agama katolik akan dilakukan pernikahan masal yang sama pada tahun 2020 mendatang. Dan pelaksanaan nikah masal ini akan menjadi program rutin bagi dinas PPPA kota Sorong setiap tahunnya,” ujarnya.

Dalam proses pernikahan masal tersebut, kata dia, difasilitasi secara gratis oleh pemerintah Kota Sorong mulai dari acara pernikahan di gereja, secara sipil hingga transportasi ke rumah masing-masing dengan dana yang bersumber dari dana Otonomi khusus.

Sementara itu asisten I Setda Kota Sorong, Rahman usai membuka kegiatan tersebut mengapresiasi dinas PPPA yang telah menyelenggarakan pernikahan masal tersebut dengan harapan terus rutin dilakukan untuk setiap tahunnya demi pendataan kependudukan yang teratur bagi Kita Sorong. Sedangkan untuk Pasangan nikah, lanjut dia, pihaknya mengerahkan agar terus menjalin rumah tangga yang baik dan tidak dapat diceraiberaikan kecuali Tuhan.(PbE)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.