Dewan Kesenian Tanah Papua Dilantik, Diharapkan Kesenian Di Kota Sorong Makin Maju

Oasepapua.id Pengurus Dewan Kesenian Tanah Papua Kota Sorong resmi dilantik olwh Wakil Wali Kota Sorong, Pahimah Iskandar, di Hotel Sahid Mariat,Kota Sorong, Kamis (7/11). Dengan pelantikan Dewan Kesenian yang baru diharapkan kesenian makin maju dan berkembang dengan baik di Tanah Papua, agar tidak punah sehingga dapat diwariskan kepada generasi selanjutnya. Dewan Kesenian Tanah Papua Kota Sorong sendiri dipimpin oleh Welly Tigtigweria yang juga Sekretaris Daerah Kota Sorong.

Ketua Panitia, AR. Hamah Sagrim dalam laporannya menyampaikan pembentukan wadah ini dimaksud sebagaimana visi dewan kesenian Tanah Papua Kota Sorong adalah menjadi pilar utama dalam membina dan mengembangkan kesenian yang bermutu.

” Dengan demikian bahwa pelantikan dewan kesenian Tanah Papua kota Sorong adalah menjadi wadah berhimpun para seniman dan budayawan yang siap untuk bekerja keras bekerja cerdas Membina dan mengembangkan seni budaya Kota Sorong dengan energi bersama-sama pemerintahan pemerintahan dalam hal ini kota Sorong untuk mewujudkan seni budaya yang berwawasan Humanis, religius, budhayah yang adiluhung, adikarya, untuk mewujudkan program jangka panjang pemerintah Indonesia dalam nawacita” jelasnya.

Adapun tujuan pembentukan dewan kesenian Tanah Papua kota Sorong yang mana  didasarkan atas rumusan misi bersama yaitu, pengembangan ide, Gagasan dan kreasi dengan metode pencerahan dan perubahan yang realistis penuh kebijaksanaan,

Kemudian Pemajuan seni budaya dengan mengapresiasikan nilai-nilainya dalam pengertian seluas-luasnya, serta  mengembangkan profesionalisme bagi para pelaku seni agar terbentuk sumber daya manusia. ” Untuk peserta kesenian sendiri berjumlah 300 0rang” Tambah Hamah.

Sementara Wakil Wali Kota Sorong  Pahimah Iskandar mewakili Wali Kota Sorong memberikan apresiasi kepada dewan yang dilantik, semoga dapat mengemban amanah dengan baik.

Pahima menjelaskan, Kota sorong secara sosial kultur dan keberagaman sangat heterogen, sebagai miniatur Indonesia dengan memiliki suku/ etnis dan budaya yang begitu beragam sehingga memberikan warna yang tersendiri pada aneka seni dan budaya.

” Jadi keberadaan Dewan Kesenian Kota Sorong memiliki arti penting dan bermakna strategis sebagai wadah dalam upaya menjaga, melestarikan dan sekaligus mewariskan seni budaya kepada generasi penerus,”  Ungkap Pahima seperti dikutip dalam Sambutannya.

Ia mengatakan saat ini harus sadari bersama dengan keberadaan kesenian sebagai ekspresi budaya yang di ciptakan, akan menjadi penanda yang sebenarnya dalam menyimbolkan kembali citra daerah dan ini menjadi tugas kita bersama bersama. Diharapkan seluruh stakeholder untuk menjadikan Pelantikan Dewan Kesenian kota sorong sebagai salah satu momentum terbaik dalam pembinaan seni budaya, yang dapat menumbuhkan rasa memiliki terhadap Tanah Papua sebagai rumah kita.

” Untuk maksud tersebut, saya mengajak kita semua’ untuk mengkesampingkan berbagai kepentingan yang akan menjadi penghambat perkmbangan dan kemajuan daerah ini. dan sama- sama menjaganya agar tidak punah sehingga dapat diwariskan kepada generasi selanjutnya.

Saya berharap dengan dilantiknya Dewan Kesenian ini, dapat mengangkat nilai-nilai kearifan local kesenian secara khas, sehingga dapat menjadi investasi bagi pendidikan dan pariwisata Kota Sorong kedepannya.

Sebab Tambah Pahimah, Pemkot Sorong percaya bahwa dengan jiwa kebersamaan dan persaudaraan serta saling memahami, maka upaya untuk ikut serta dalam memajukan kesenian di tanah papua dapat terwujud.

” Oleh karena itu, sekali lagi saya ucapkan selamat kepada saudara-saudara yang telah dilantik tugas berat menanti anda tapi saya yakin dan percaya dengan niat dan tekad yang tulus untuk memajukan tanah papua saudara dapat melaksaunakan amanah tersebut dengan penuh rasa tanggung jawab, semoga kesenian di Kota Sorong’ dapat mengangkat jati diri bangsa khususnya Kota Sorong terutama dalam merajut persatuan dan kesatuan antara anak bangsa di tanah papua ini.” Tuntasnya.(Pbe)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.