Angka Kemiskinan Dan Pengangguran Tinggi, Ini Upaya Pemprov Papua Barat

Oasepapua.id– Sesuai data statistik angka kemiskinan di papua barat 21,40 persen, angka pengamgguran 6,29 persen, sementara Indeks Pembangunan Manusia(IPM) 63,99 Persen dibawah rata-rata nasional.

Dari hal tersebut, Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan mengakuinya. Oleh karena itu upaya yang ditempuh Pemeritah provinsi Papua Barat adalah dengan membangun Balai Lapanganan Kerja (BLK).

“Saya dan seluruh Bupati serta Wali Kota sepakat mencari solusi di tahun 2020 akan dibangun Balai Lapanganan Kerja (BLK) dan dipastikan tahun 2021 selesai”, kata Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan ketika diwawancari media di ACC, Kabupaten Sorong, Jumad kemarin.

Menurut Orang nomor satu Papua Barat, meski Sumber daya alam (SDA) di wilayah Papua Barat cukup melimpah dan banyak perusahan besar berinvestasi di Daerah ini, namun menurut Dia, Satu sisi orang asli papua (OAP) masih menjadi penonton dinegeri sendri, oleh karena itu  jalan satu-satunya tentunya adalah menyiapkan sumber daya alam terutama OAP untuk mengatasi masalah ini.

“Pembangunan BLK ini salah satu langkah yang kami harus lakukan dalam menyipakan tenaga kerja yang terampil dan mempunyai sertifikat maupun pengalaman agar dapat diterima di perusahan besar yang ada saat ini. Kalau tidak ada itu kita akan terus jadi penonton dan kalah bersaing dengan masyarakat pendatang yang miliki sertifikat, serta angka kemiskinan dan pengangguran akan terus bertambah, ” Bebernya.

Terkait kerja sama, Kata Dia, pihak Provinsi sudah menandatangani kerja sama dengan PT. Petrotekno yang sudah mempunyai sertifikat internasional untuk melakukan pelatihan agar lulusan BLK dapat bekerja dimana saja.

Mengenai anggaran pembangunan tersebut, menurut Gubernur akan dialikasikan melalui dana Otonomi khusus (Otsus) masing-masing Daerah sebagaimana telah disepakati oleh seluruh kepala daerah lerika rapat kerja di Sorong Selatan beberapa waktu lalu.

“kita sudah sepakat bersama-sama membiayai pembangunan BLK yang direncana bangun di Manokwari.” Tutupnya. (PBE)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.