Anggota TNI Terpidana Penjualan Amunisi Ilegal Meninggal Dunia

Oasepapua.id Sertu Robert Kainama, terpidana kepemilikan amunisi ilegal meninggal dunia di dalam sel Rumah Tahanan Militer Pomdam XVII/Cenderawasih pada Senin 6 Januari 2020.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Cpl Eko Daryanto membenarkan almarhum Sertu Robert yang merupakan anggota Kodim 1710/Mimika, meninggal dunia dikarenakan sakit komplikasi, diantaranya paru-paru basah, diabetes dan asam urat yang dialaminya sejak 2015, dimana penyakit tersebut sering kambuh sewaktu-waktu dan membuat kondisi tubuhnya menurun.

“Almarhum meninggal karena penyakit akut yang dideritanya. Keterangan meninggalnya almarhum dipertegas oleh penjelasan dari Karumkit Marthen Indey, Kolonel CKM Budiyanto yang menyatakan bahwa yang bersangkutan memiliki riwayat penyakit komplikasi,” katanya, Selasa 7 Januari 2020

Kapendam juga menerangkan bahwa meninggalnya Sertu Robert diketahui oleh anggota jaga tahanan militer di Waena yang melaksanakan pengecekan rutin dan menemukan almarhum Sertu Robert Kainama sudah terbaring kaku di dalam ruang tahanan. Selanjutnya anggota jaga melaporkan kejadian tersebut ke Denkesyah Waena dan dirujuk menuju ke Rumah Sakit Marthen Indey untuk dilakukan pemeriksaaan secara intensif.

“Almarhum diduga telah meninggal dunia lebih dari 6 jam sebelumnya, karena kondisi fisik almarhum sudah kaku dan tidak ditemukan adanya tanda-tanda fisik lainnya pada tubuh korban,” katanya.

jenazah Almarhum Robert diserahkan kepada pihak keluarga dan disemayamkan di Rumah Duka Asrama Kodim 1710/Mimika dan rencana akan dimakamkan di TPU SP1 Mimika pada tanggal 9 Januari 2020.

Sertu Robert Kainama merupakan terduga pelaku penjualan ratusan butir amunisi ke kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) Organisasi Papua Merdeka (OPM). Ia ditangkap di Sorong pada 4 Agustus 2019, setelah melarikan diri dan bersembunyi ke sejumlah kabupaten di Papua dan Papua Barat. (004)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.