800 Anakan Pohon Ditanam Sebagai Wujud Kota Sorong Hijau dan Lestari

Oasepapua.idSehubungan dengan dilaksanakan pencanangan penanaman pohon serentak dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang jatuhnya tanggal 28 November 2019, Dinas Kehutanan provinsi Papua Barat melakukan penanaman 800 pohon, di SMPN 7 Tanjung Kasuari, Distrik Maladum Mes, Jumad (15/11).

Kegiatan penanaman yang bertema DAS Sehat, Sejahterakan Rakyat, secara simbolis dibuka Wakil Wali Kota Sorong, Pahima Iskandar yang ikut menanam pohon.

Dalam arahannya, Pahima mengapresiasi proses penanaman pohon tersebut sebagai salah satu langkah pengihijaun untuk kota Sorong dan dapat bermanfaat bagi anak cucu ke depan.

“Kita sudah tanam, berarti kita harus jaga hingga besar. Sehingga kita semua harus sepakat bahkan Kota Sorong harus hijau,” terangnya.

Sementara itu, kepala UPTD kesatuan pengelolaan hutan lindung unit 2 Sorong, Ina Roselina Sikirit menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan penanaman pohon secara serentak di Seluruh Indonesia agar mengajak seluruh warga Indonesia untuk menanam dan memelihara pohon secara berkelanjutan, dalam rangka merehabilisi hutan dan lahan, menjaga kelestarian sumber daya alam serta sebagai gerakan moral untuk menanam dan memelihara pohon.

“Tema hari penanaman serentak tahun 2019 adalah “DAS Sehat Sejahtera Rakyat”. Dengan makna kondisi Daerah Aliran Sungai (DAS) apabila dialiri dengan baik, akan dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Jumlah pohon yang di tanam, kata dia, ada sekitar 800 anakan pohon, yakni di dalamnya ada Lengua, Marbau, Mahoni, tanaman hias Tanjung, Glodokan Tiang, pucuk merah, palem, Rambutan, Mangga, Sirsak Madu, Jambu Kristal dan Pinang.

Dalam penanaman tersebut, Lanjut dia, melibatkan, pemerintah Kota Sorong, TNI, Polri, Masyarakat, BUMN, BUMD, siswa-siswi dan juga tokoh masyarakat dan juga tokoh agama ikut terlibat dalam penanaman tersebut, dengan suatu harapan hijaukan kota Sorong.(PbE)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.