57 Taruna & Taruni AAL Angkatan Ke 65 Sambangi Kantor Bupati Sorong

Oasepapua.id Sebanyak 57 personil Taruna dan Taruni Akademik Angkatan Laut (AAL) angkatan ke 65 sambangi Kantor Bupati Sorong dalam rangka Satlat Jalayudha Tahun 2019, Kamis (14/11).

Tampaknya kunjungan Taruna dan Taruni didampingi oleh komandan Satgas jalayudha tahun 2019 Kolonel laut (P) Sumarji Bimo Aji, Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI (MAR) Suaf Yanu Hardani, Dandim 1802 Letkol Inf. Budiman serta pejabat Marinir.

Kedatangan rombongan disambut langsung oleh Wakil Bupati Sorong Suka Harjono, Wakil DPRD Sorong Adam Safle serta pimpinan OPD lainnya. Sebelum acara silaturahmi para Taruna dan Taruni tersebut melakukan Display drum band dihalaman apel Kantor Bupati Sorong

Dalam silaturahmi yang berlangsung di Aula Bapeda Kabupaten Sorong, Wakil Bupati Suka Harjono mengucapkan selamat datang kepada puluhan personil Taruna dan Taruni ALL angkatan ke 65 di wilayah tersebut.

” Kunjungan para Taruna dan taruni di wilaya ini  bukan baru kali ini tetapi sudah diterima ke-4 kalinya. Sehingga pada kesempatan tersebut mewakili Bupati  sangat menyambut baik.” Ungkapnya.

Menurutnya, hal ini sebagai salah satu ajang pertemuan yang sangat membangun  informasi dan komunikasi, dimana keberadaan taruna/i ini juga mempromosi ke sekolah-sekolah SMA.

” Semoga apa yang adik-adik Taruna hadir memberikan semangat kepada adik kita yang nantinya lulusan SMA SMK yang ada di Kabupaten Sorong ini untuk mencuri teladan, mencontoh dan harapan kami bisa ikut dalam tes berkompetisi mewakili  Kabupaten Sorong. Juga kita dapat sikapi situasi kondisi kedepan untuk menanamkan jiwa Patriot  NKRI kita tetap utuh dan lebih kuat di tanah Papua ini untuk membangun Tanah Papua yang lebih baik” Tandas Wakil Bupati

Sementara, Dansatgas Jalayudha Kol laut (P) Sumarji Bimo Aji selaku penanggung jawab kegiatan kunjungan taruna dan taruni AAL menyampaikan bahwa para taruna dan taruni AAL dari 97 yang berlayar  ikut di karya Abdul Halim Perdanakusuma 355 berjumlah 57 orang, dengan menggunakan dua KRI yaitu KRI Bung Tomo dan KRI Sultan Iskandar Muda

”  Dari 57 orang ini terdiri dari 25 orang dari korps pelaut, 12 orang dari korps teknik, 13 orang dari elektronika dan 7 orang dari korps suplay , Untuk total  pelayaran Jalayudha,selama lebih kurang 1 bulan dimulai dari  1 November sampai dengan 1 Desember 2019″ Sebutnya.

Dijelaskanya, taruna dan taruni yang melaksanakan pelayaran laut sebagai praktek di JRI dimana sebagai asisten perwira jaga laut maupun darat mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan di Akademi TNI Angkatan Laut dan juga mendapat tambahan ilmu pengetahuan  mulai dari peperangan anti permukaan bawah air, udara dan peperangan elektronika, yang diharapkan nantinya bisa berperan sebagai asisten Kepala Divisi atau perwira divisi Di Departemen koperasi.

Kemudian lanjutnya,  untuk korp teknik mereka akan mempelajari tentang teks atau pemadam kebakaran yang ada di kapal dan juga nantinya diharapkan dapat menjadi perwira divisi Di Departemen mesin atau Departemen teknik di kapal.

” Korps elektronika, mereka juga secara spesifik akan belajar tentang berbagai peralatan elektronika navigasi alat deteksi di kapal termasuk beberapa peralatan persenjataan yang ada di seri dan juga Korps supply belajar terkait administrasi di kapal baik personil maupun logistik sehingga paham betul tentang prosedur dukungan terhadap KRI Sebelum melaksanakan tugas operasi atau berlayar” Jelasnya.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih atas penyambutan  pemerintah setempat fan meminta Doa, sehingga Taruna Akademi TNI angkatan laut ke 65 ini dapat dilantik menjadi perwira dilantik oleh presiden kita bapak Jokowi di istana negara pada Juli 2020 nanti.

Selain itu, Lanjut Dia, kehadiran taruna/i di Sorong selama 3 hari yakni 14 sampai 16 November. Selanjutnya kami akan menuju ke kota Makassar rencana kami bertolak tanggal 16 menuju ke Makassar.

Usai silaturahmi pemberian plekat dari pihak kabupaten dan juga Taruna dan Taruni Akademik Angkatan Laut (ALL) angkatan ke 65

Diketahui, setelah  melaksanakan kunjugan di Kabuoaten Soring, para taruna/ melaksanakan kirab  dari kantor walikota dari  menuju ke Mako koarmada 3.(Pbe)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.