34 Orang Yang Diamankan, Polisi Tetapkan 20 Anggota Simpatisan TPNPB Tersangka Makar

Oasepapua.id Dari 34 orang yang diamankan petugas Polres Jayapura pada Sabtu (30/11/2019) malam, polisi telah menetapkan 20 orang menjadi tersangka dari simpatisan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) sebagai tersangka kasus makar.

Kapolres Jayapura, AKBP. Victor Dean Makbon dalam keterangan persnya mengatakan, setelah diperiksa 20 orang ini sudah memenuhi unsur untuk ditetapkan sebagai tersangka kasus makar.

“Total yang kami tangkap itu 34 orang. 14 orang diantaranya belum mencukupi unsur-unsur yang kami persangkakan 20 orang lainnya setelah kami periksa lebih lanjut dan dilengkapi dengan bukti-bukti sehingga mereka kami tetapkan sebagai tersangka makar” kata Kapolres, Senin (02/12).

Kapolres juga merincikan dari 20 orang yang ditetapkan sebagai tersangka kasus makar ini, 6 diantarannya juga dipersangkakan dengan Undang-undang Darurat, terkait kepemilikan senjata tajam dan melakukan kegiatan Makar Pasal 106 KUHP.

“Satu tersangka lainnya kami tetapkan sebagai tersangka kasus makar dan penghasutan Pasal 160. Jadi dari hasil pemeriksaan ke 20 orang ini sudah kami jadikan tersangka dan akan kita lakukan penahanan” tukasnya.

Kapolres juga menuturkan bahwa kasus ini masih terus dikembangkan oleh pihaknya guna mencari siapa yang menyerukan agar ke 34 orang ini datang ke Jayapura.

Dia menjelaskan, ke 34 orang yang tinggal di Distrik Demta, Kabupaten Jayapura dan beberapa daerah di Kabupaten Sarmi.

“Mereka diserukan untuk turun ke Kota Jayapura untuk mengikuti upacara di Lapangan Trikora, Abepura. Yang menyerukan ini masih kita dalami dengan melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap para tersangka ini” tutup Kapolres. (Sumber Polda Papua)red004)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.