105 Ribu Pekerja Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Papua Barat

Oasepapua.id- Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Papua Barat hingga kini terus alami peningkatan. Saat ini, jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan se-Papua Barat sebanyak 105 ribu pekerja.

Hal ini diungkapkan Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Papua Barat, Mintje Wattu saat ditemui awak Media di Kantor BPJS Ketenagakerjaan, beralamat di Kota Sorong, Selasa (26/11/2019).

Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Papua Barat, Mintje Wattu

Menurutnya , jumlah peserta tersebut terbagi dari 2 sektor pekerja yaitu tenaga kerja non penerima upah seperti petani, nelayan, tukang ojek ( Berpenghasilan sendiri, red) sebanyak 26 ribu peserta dan tenaga kerja penerima/ yang bekerja diperusahaan sebanyak 79 ribu peserta.

Meski demikian, Kata Mintje, pihaknya terus berupaya meningkatkan jumlah kepesertaan dan intensif berkoordinasi dengan 11 kabupaten dan 1 kota di seluruh Papua Barat. Pasalnya jika ditarik dari angka usia kerja melalui perhitungan statistic, maka kurang lebih baru pada kisaran 25 ℅ dari seluruh angka kerja yang ada diwilayah Papua Barat.

” Eskalasi dengan pemerintah daerah dan semua stake holder terkait, terus kami tingkatkan agar semua pegawai yang ada di lingkungan pemerintah daerah di Papua Barat, terlindungi dengan BPJS Ketenagakerjaan” Unkap Mintje.

Mintje mencontohkan , seperti di Kabupaten Sorong kin telah memiliki Peraturan daerah ( Perda ) nomor 10 yaitu yang mengatur tentang non aparatur sipil negara atau honorer daerah dan aparatur kampung atau Badan musyawarah kampung ( Bamuskam ) sedangkan Perda Nomor 11 yaitu mengatur tentang masyarakat Kabupaten Sorong

Mintje berharap dua Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur masalah perlindungan sosial pegawai, bisa diterapkan secara efektif dan tidak mati suri.

” Kemarin, saya sudah sampaikan ke Pak Bupati, untuk kedua perda yang ada ini agar tidak mati suri, terus berjalan, sehingga proses perlindungan kepada masyarakat dapat terakumulasi secara keseluruhan. Alhasi Beliau
merespon dengan sangat baik, bahkan Bupati berjanji akan segera berkoordinasi dengan jajarannya untuk menindaklanjuti hal ini,” Tandasnya.

Diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama, semua masyarakat dan honorer daerah bisa segera terakumulasi dan terdaftar dalam perlindungan  BPJS Ketenagakerjaan.(pbe)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.